Pentingnya privasi dan masa depan mesin pencari dengan Gigablast

JASA SEO SURABAYA

Anda tidak dapat meremehkan privasi dan perlindungan data di zaman sekarang ini, terutama karena kami terhubung 24/7 dan kami berbagi informasi penting setiap saat tanpa mengetahui bagaimana itu akan digunakan. Didirikan pada tahun 2000, Gigablast adalah mesin pencari yang mengutamakan privasi. Kami berbicara dengan Matt Wells (pendiri Gigablast) untuk mengetahui lebih banyak tentang perusahaan dan tantangannya.

Privasi adalah topik hangat dan semakin banyak orang dan institusi khawatir tentang apa yang terjadi pada data pribadi dan bagaimana data itu digunakan. Apa yang dibawa Gigablast ke meja dalam pengertian itu?

Gigablast tidak menjual atau mentransfer data terkait kueri yang diterimanya. Mesin pencari pribadi populer saat ini harus mengirimkan kueri mereka ke Big Tech (Google dan Bing) untuk diproses.

Google dan Bing menggunakan kueri Anda untuk membangun berbagai database seperti layanan kueri yang direkomendasikan dan juga untuk menghasilkan sinonim. Jadi, meskipun menurut Anda kueri Anda bersifat pribadi karena Anda menggunakan mesin telusur pribadi yang populer, Anda mungkin melihat kueri Anda muncul di hasil telusur Google di suatu tempat.

Gigablast adalah mesin pencari sejati dengan indeksnya sendiri, bukan hanya proxy, jadi saya dapat memberi tahu Anda bahwa Gigablast tidak akan melakukan apa pun dengan kueri Anda selain hanya menampilkan hasil pencarian. Saya yakin bahwa pertanyaan Anda adalah milik Anda. Menurut saya, mesin telusur tidak boleh melakukan apa pun dengan kueri Anda kecuali Anda memberikan izin eksplisit setiap saat.

Bisakah Anda menjelaskan kepada kami apa itu private.sh?

Ada cerita menarik di balik mesin pencari private.sh.

Beberapa tahun yang lalu pria bernama Andrew Lee ini mengirimi saya email secara tiba-tiba. Dia mengatakan dia telah membangun inti dalam dari mesin pencari pribadi dan membutuhkan layanan seperti Gigablast untuk menyediakannya dengan hasil pencarian.

Pada awalnya, saya tidak yakin siapa orang ini, mungkin seorang spammer yang sangat pintar! Tetapi semakin banyak penelitian yang saya lakukan, semakin saya kagum dengan prestasinya, dan kemudian saya kagum bahwa dia telah menulis perangkat lunak yang luar biasa ini dan telah menghubungi saya untuk memberikan hasil pencarian terenkripsi.

Andrew ikut mendirikan Mt. Gox, dan kemudian memulai VPN terkemuka di Amerika Serikat, Akses Internet Pribadi, yang dia jual pada tahun 2020 dengan harga hampir $ 100 juta. Dan jika itu belum cukup, saya membaca bahwa dia baru-baru ini mengetahui bahwa dia adalah bangsawan dan terpilih sebagai Putra Mahkota Korea Selatan. Orang ini adalah bagian dari sejarah yang berjalan, dan tentu saja merupakan suatu kehormatan untuk membantunya mewujudkan visinya untuk internet yang adil dan pribadi, yang benar-benar merupakan bagian dari visinya yang lebih besar untuk mengembalikan kekuatan kepada masyarakat. Kami pikir setiap orang harus memiliki kesempatan untuk sukses, bukan hanya Teknologi Besar.

Saat ini, rencana kami adalah menjadi salah satu mesin pencari swasta terkemuka. Menurut kami, memiliki mesin pencari sendiri, dengan indeks dan perayapnya sendiri, memberi private.sh keuntungan besar dibandingkan DuckDuckGo, yang sebenarnya hanyalah proxy untuk mesin pencari Bing milik Microsoft.

Kami telah memikirkan rencana untuk mengumpulkan uang guna mencoba mendapatkan sebagian dari pangsa pasar tersebut dan menghentikan cengkeraman Big Tech di penelusuran web saat ini.

Sejak Gigablast dimulai, hampir 20 tahun yang lalu, saya percaya bahwa semuanya berubah beberapa kali. Tantangan apa yang Anda dan perusahaan Anda hadapi dalam periode tersebut?

Selain dari masalah yang sedang berlangsung karena tidak memiliki perangkat keras yang cukup, seperti yang akan saya jelaskan di bawah, tantangan terbesar saat ini berpusat di sekitar monopoli Google. Google memonopoli hampir 98% pasar iklan pencarian. Selain itu, mereka tidak mengizinkan Gigablast, atau siapa pun yang mungkin membeli hasil pencarian saya, untuk menggabungkan iklan Google dengan hasil pencarian Gigablast.

Jadi ini membuat semuanya tidak mungkin untuk menjual hasil pencarian saya. Saya berharap DOJ dkk memecah unit iklan pencarian Google menjadi setidaknya tiga bagian, dan memerintahkan mereka untuk membukanya. Mereka sangat besar dan kuat, saya pikir itu akan membutuhkan setidaknya tiga. Ini mungkin alasan terbesar mengapa Anda tidak melihat mesin pencari web baru.

Dan, pada catatan yang lebih kecil, Big Tech tidak mengizinkan hasil pencarian mereka dicampur dengan hasil pencarian dari mesin lain. Pencampuran dilarang secara langsung dalam Persyaratan Layanan Google. Apa yang telah dilakukan ini mematikan ekosistem pencarian meta. Kami dulu memiliki mesin telusur meta yang akan mendapatkan hasil dari beberapa mesin telusur dan menggabungkan hasil telusur tersebut dengan gagasan yang mendasari bahwa hasil, yang telah diaduk melalui filter demokratis ini, akan lebih baik dan tidak terlalu bias.

Mungkin Gigablast tidak memiliki hasil pencarian terbaik di luar sana, tetapi, melalui mesin pencari meta, saya masih bisa menjual hasil saya dan menghasilkan sedikit uang. Saya rasa jika dibolehkan untuk menggabungkan hasil Google dengan Bing dan beberapa mesin pencari yang lebih kecil seperti Gigablast, maka mesin pencari yang lebih kecil dapat menghasilkan uang juga. Pemerintah kita perlu turun tangan dan menyamakan es dengan zamboni raksasa, karena kita berada di wilayah kapitalisme permainan akhir.

Rintangan besar lainnya telah menjelajah web karena Cloudflare. Mereka bertindak sebagai proxy keamanan untuk jutaan situs web, dan mereka memberi
preferensi untuk crawler web Big Tech daripada mesin pencari yang lebih kecil. Saat Anda mulai merayapi web, kemungkinan besar Cloudflare akan memasukkan perayap Anda ke daftar hitam. Anda harus mengenal seseorang atau memiliki kekuatan hukum yang sangat kuat untuk mendapatkan akses ke sebagian besar web, karena itu berada di balik firewall Big Tech Cloudflare. Kebetulan Google dan Bing sama-sama investor di Cloudflare, jadi sebenarnya ini hanya perpanjangan dari Big Tech.

Pada pertengahan 90-an dan awal 2000-an, adalah hal biasa untuk melihat pengembang, wirausahawan, dan penggemar menulis dan berbicara tentang internet sebagai ruang kosong, hampir dengan cara yang sangat indah. Kami berada di tahun 2021 dan sebagian besar visi itu hilang. Apakah Anda pikir kami terlalu polos atau masih ada cara untuk kembali?

Saya pikir kita bisa kembali ke tempat yang indah itu lagi. Ini akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Kita harus mendesentralisasikan dan memprivatisasi segalanya. Itu terjadi, tapi agak lambat. Filecoin, dan yang lainnya, mencoba untuk menggantikan data cloud BigTech dengan mendesentralisasikan penyimpanan file dan membayarnya dengan cryptocurrency.

Beberapa perusahaan lain seperti BitChute, sedikit lebih terspesialisasi daripada FileCoin, bekerja untuk membuat versi desentralisasi dari hal-hal seperti YouTube. Saya tahu ada beberapa perdebatan tentang seberapa desentralisasi beberapa layanan ini sebenarnya, tetapi setidaknya kita tahu bahwa itu adalah arah yang harus kita tuju.

Selain itu, intervensi pemerintah juga dapat membantu memulihkan pasar ke tempat jasa sekali lagi dihargai, dan Anda tidak memiliki, seperti, lima pria yang mengendalikan seluruh Internet.

Apa rencanamu untuk masa depan? Kemana perginya Gigablast mulai sekarang?

Rencana pemasaran dan bisnis adalah untuk benar-benar mendorong private.sh dengan harapan menjadi salah satu pemimpin di ruang mesin pencari pribadi. Ini adalah salah satu teka-teki besar yang sedang kami kerjakan.

Sejauh masalah teknis di masa depan, meningkatkan kualitas penelusuran adalah prioritas utama. Dan banyak kualitas hasil pencarian terkait dengan ukuran indeks pencarian. Terkadang saya akan melakukan kueri di Gigablast dan hasilnya kurang bagus. Orang yang sangat kuat mungkin dapat melakukan bench press dengan jumlah perangkat keras yang saya gunakan untuk menjalankan mesin saat ini. Jadi demi meningkatkan hasil, sekaligus meningkatkan kecepatan, saya mencoba mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak perangkat keras.

Masalah besar terkait kualitas lainnya adalah database sinonim yang saya miliki. Ini tidak terlalu buruk, tetapi terkadang saya akan kehilangan sinonim yang baik untuk kueri tertentu, dan itu benar-benar membuat semua perbedaan. Jika saya memiliki sinonim yang tepat maka saya akan mendapatkan hasil yang sangat bagus.

Juga, algoritme sinonim saya terkadang menjadi agak miring dan Anda mungkin mendapatkan hasil yang tidak Anda harapkan. Anda tidak bisa begitu saja memasukkan tesaurus. Tentu ini mungkin membantu dalam beberapa kasus, tetapi sinonim di ranah mesin pencari sedikit lebih longgar daripada sinonim yang akan Anda temukan di tesaurus. Misalnya, jika saya mencari ‘windows running slow’ mungkin bagus untuk menggunakan ‘performance’ sebagai sinonim dari ‘slow’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *