Bluehost vs DigitalOcean: Populer Tidak Berarti Lebih Baik [2021]

JASA SEO SURABAYA

Bluehost mungkin lebih populer daripada DigitalOcean, tetapi dalam hal solusi hosting tingkat lanjut, ini sangat terbatas. Paket VPS Bluehost secara signifikan lebih mahal daripada Droplets DigitalOcean, namun lebih sedikit fitur yang disertakan per paket dan kinerjanya biasa-biasa saja.

Sebaliknya, DigitalOcean menawarkan cloud hosting murah dengan banyak layanan tambahan. Satu-satunya kelemahan adalah Dropletnya dapat diatur sendiri, jadi meskipun Anda dapat membuatnya dengan panel kontrol, Anda harus mengkonfigurasi dan mengelolanya melalui antarmuka baris perintah. Ini bukan layanan yang paling ramah pengguna, tetapi ideal untuk pengembang dan pemilik situs web yang paham teknologi yang ingin menghemat biaya.

Atau, Anda dapat membeli DigitalOcean Droplets melalui hosting cloud terkelola dari Cloudways. Anda mendapatkan kinerja, stabilitas, dan skalabilitas yang sama dengan DigitalOcean, tetapi Cloudways menangani penyiapan dan pemeliharaan server untuk Anda. Klik di sini untuk melihat penawaran terbaik DigitalOcean, atau terus membaca untuk mencari tahu mengapa saya tidak merekomendasikan Bluehost.

1. Paket dan Harga

DigitalOcean Lebih Murah dan Lebih Fleksibel Dari Bluehost

DigitalOcean sepenuhnya berfokus pada cloud hosting, sedangkan Bluehost telah berbagi, VPS, dan hosting server khusus. Agar perbandingan tetap adil, saya telah mencocokkan DigitalOcean’s Droplets (server cloud yang dikelola sendiri) dengan solusi VPS Bluehost (juga dikelola sendiri).

Dengan Bluehost, hanya ada tiga pengaturan VPS yang dapat dipilih. Misalnya, paket Standar level awal menyertakan 2 vCPU, RAM 2 GB, penyimpanan 30 GB, dan bandwidth 1 TB. Ini bukan konfigurasi yang buruk, tetapi Anda bisa mendapatkan yang sama dengan DigitalOcean dengan biaya yang jauh lebih rendah.

SEBUAH Domain Gratis disertakan saat membeli layanan hosting apa pun dari Bluehost

Hosting Cloud DigitalOcean

Ingatlah bahwa harga utama Bluehost hanya tersedia untuk masa jabatan pertama, dan hanya jika Anda membayar untuk beberapa tahun layanan di muka. Setelah pembaruan, Bluehost akan dikenakan biaya kira-kira dua kali lipat dari DigitalOcean untuk konfigurasi yang sama.

Dengan DigitalOcean, Anda membayar setiap jam dan hanya untuk sumber daya yang benar-benar Anda gunakan. Tidak ada komitmen di muka, tidak ada pembaruan yang curam, dan tidak ada kenaikan harga.

Perlu juga dicatat bahwa DigitalOcean memiliki lusinan konfigurasi cloud yang ditawarkan versus opsi Bluehost yang sangat terbatas. Dengan Bluehost, misalnya, Anda hanya bisa mendapatkan hingga 4 vCPU dan 8GB RAM (pada paket Ultimate), sedangkan DigitalOcean memungkinkan Anda menambahkan sebanyak 40 vCPU dan 256GB RAM per Droplet.

2. Fitur

DigitalOcean Memiliki Banyak Add-On – Bluehost Nyaris Mencakup Dasar-dasar

Paket VPS Bluehost hampir tidak memiliki fitur tambahan. Anda mendapatkan nama domain gratis selama satu tahun jika Anda membeli setidaknya satu tahun hosting, tetapi keamanan tidak disertakan secara default, dan selain versi cPanel yang disempurnakan (yang harus Anda gunakan), ada sangat sedikit alat untuk membantu Anda siapkan VM Anda.

Hosting VPS DigitalOcean jauh lebih baik dalam hal ini. Pertama, ini memberi Anda penginstal satu klik untuk Docker, LAMP (tumpukan server yang terdiri dari Linux, Apache, MySQL, dan PHP), cPanel, Plesk, WordPress, dan perangkat lunak berguna lainnya yang Anda perlukan untuk menyiapkan VM.

Monitor penggunaan juga disertakan di dasbor, jadi lebih mudah untuk melacak sumber daya Anda. Untuk ini, Anda dapat menambahkan firewall awan, alat manajemen tim, pencadangan otomatis, penyeimbang beban, IP mengambang, penyimpanan blok, dan layanan berguna lainnya.

Berikut adalah daftar fitur paling penting dari Bluehost dan DigitalOcean:

3. Kinerja

DigitalOcean Lebih Cepat dan Lebih Dapat Diandalkan Dari Bluehost

Kedua host menawarkan penyimpanan SSD secara keseluruhan, yang dapat meningkatkan kinerja secara drastis. Tapi disinilah kesamaannya berakhir.

DigitalOcean memiliki jaminan waktu operasional 99,99% yang didukung oleh SLA (perjanjian tingkat layanan), jadi Anda berhak atas kompensasi untuk setiap jam waktu henti. Sementara itu, Bluehost tidak menjanjikan waktu aktif, yang merupakan masalah yang cukup besar.

Selain itu, Bluehost belum mengungkapkan lokasi pasti dari pusat datanya, jadi tidak ada cara untuk mengetahui di mana situs web atau aplikasi Anda dihosting secara fisik. DigitalOcean memiliki delapan lokasi pusat data di seluruh dunia, termasuk AS, Kanada, Belanda, India, Singapura, dan lainnya.

Bluehost tampil buruk selama pengujian kinerja kami. Cari tahu apa yang salah dalam ulasan mendalam Bluehost kami.

DigitalOcean melakukannya jauh lebih baik. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang kinerjanya di ulasan ahli kami Digital Ocean.

Karena paket Droplets DigitalOcean dan VPS Bluehost dikelola sendiri, Anda bertanggung jawab atas cache dan pengoptimalan server. Meskipun demikian, Anda bisa mendapatkan Cloudways untuk mengelola DigitalOcean Droplets untuk Anda. Cloudways menginstal sebelumnya tumpukan caching yang dioptimalkan untuk Anda, mempercepat situs web atau aplikasi Anda dengan sedikit usaha.

4. Keamanan

DigitalOcean Memiliki Cloud Firewall Gratis, Sementara Bluehost Membuat Anda Membayar Ekstra

Baik DigitalOcean dan Bluehost akan meminta Anda untuk mengamankan VM Anda sendiri, tetapi DigitalOcean membuatnya lebih mudah. Terlepas dari konfigurasi yang Anda pilih, Anda mendapatkan firewall cloud berpemilik untuk perlindungan dasar terhadap malware. Firewall sudah terpasang di dasbor Anda, jadi mudah untuk mengaktifkannya.

Bluehost tidak menyertakan alat keamanan gratis dalam paket VPS-nya. Add-on SiteLock untuk pemindaian dan penghapusan malware tersedia, tetapi Anda akan dikenakan biaya tambahan. Anda juga dapat menambahkan privasi dan perlindungan domain jika Anda mendaftarkan domain Anda dengan Bluehost, tetapi sekali lagi, ini akan meningkatkan biaya keseluruhan.

Meskipun keamanan DigitalOcean lebih baik daripada Bluehosts, untuk keamanan yang lebih baik yang semuanya dikelola untuk Anda, Cloudways adalah opsi yang lebih baik (meskipun lebih mahal).

Lihat Rencana Terbaik Cloudways

5. Dukungan

Baik Bluehost maupun DigitalOcean Memiliki Dukungan Pelanggan yang Layak

Bluehost menawarkan dukungan pelanggan 24/7 melalui obrolan langsung, tiket, dan telepon, tetapi agen tidak selalu tersedia dan komunikasi lambat, untuk sedikitnya. Misalnya, ketika saya ingin tahu apakah ada cara untuk membuka obrolan langsung langsung dari dasbor, saya harus duduk melalui interaksi ini:

Bluehost - dukungan pelanggan
“Pakar” Bluehost tidak bisa memberi saya jawaban yang berguna

Sayangnya, dukungan DigitalOcean tidak jauh lebih baik. Faktanya, itu mungkin lebih buruk. Tidak ada opsi live chat atau telepon, jadi Anda hanya dapat menghubungi melalui tiket – jika platform berfungsi. Dalam kasus saya, ternyata tidak, jadi saya bahkan tidak bisa mengirimkan pertanyaan saya:

DigitalOcean - dukungan pelanggan
Dukungan pelanggan Digital Ocean praktis tidak ada

Konon, DigitalOcean memiliki basis pengetahuan yang luas dengan panduan DIY yang bermanfaat, yang lebih dari yang dapat saya katakan tentang Bluehost. Jika gagasan dibiarkan tanpa dukungan mengganggu Anda, maka pilihlah cloud hosting yang dikelola Cloudways akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Cloudways mendukung tetesan DigitalOcean
Saya berterima kasih atas dukungan khusus Cloudways untuk tetesan DigitalOcean

DigitalOcean Lebih Baik Dari Bluehost, tetapi Ada Opsi Ketiga

DigitalOcean memiliki keunggulan yang nyaman dalam harga, fitur, kinerja, dan keamanan, yang menjadikannya pemenang yang jelas dari pertarungan ini. Dalam hal hosting VPS, Bluehost lebih mahal, kurang andal, dan tidak sefleksibel DigitalOcean.

Karena itu, baik Bluehost maupun DigitalOcean tidak membuat daftar layanan hosting web terbaik kami.

DigitalOcean memiliki kekurangannya. Dukungan pelanggan sangat buruk, dan menyiapkan Droplet bisa jadi sulit jika Anda tidak terbiasa dengan baris perintah. Jika Anda ingin memanfaatkan infrastruktur cloud berkinerja tinggi DigitalOcean, tetapi Anda tidak ingin mengelolanya sendiri, Anda lebih baik membeli Droplet melalui Cloudways.

Belum diputuskan? Berikut ringkasan singkat dari Bluehost vs DigitalOcean:

FAQ

Mana yang lebih baik, Bluehost atau DigitalOcean?

Jika Anda mencari solusi hosting tingkat lanjut, Droplets DigitalOcean lebih murah dan lebih murah daripada paket VPS Bluehost. Dukungan pelanggan hampir tidak ada untuk DigitalOcean, tetapi Anda dapat membeli Droplets melalui Cloudways jika Anda memerlukan bantuan untuk menyiapkan semuanya.

DigitalOcean tidak menawarkan paket hosting bersama level awal, jadi saya tidak akan merekomendasikannya untuk situs web sederhana. Yang mengatakan, saya telah menguji shared hosting Bluehost dan hasilnya biasa-biasa saja. Jika Anda menginginkan penyedia berbiaya rendah yang lebih cepat dan lebih andal, lihat daftar layanan hosting web terbaik kami.

Apakah DigitalOcean menawarkan hosting WordPress terkelola?

Tidak. Tetesan DigitalOcean sepenuhnya dikelola sendiri. Anda dapat menjalankan WordPress di dalamnya, dan bahkan ada penginstal satu klik untuk WordPress, tetapi tidak ada fitur lain yang disertakan. Jika Anda menginginkan pembaruan dan pencadangan otomatis, cache bawaan, dan pengoptimalan lainnya, Anda harus melihat penyedia hosting WordPress ini sebagai gantinya.

Apakah Bluehost dapat diandalkan?

Sejak Bluehost diakuisisi oleh EIG, banyak pelanggan mengeluh tentang kinerja dan dukungan yang tidak dapat diandalkan, jadi saya tidak akan mempercayainya dengan situs web saya. Tidak ada jaminan uptime juga, yang berarti hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berharap situs Anda tetap online.

Kami juga menguji paket level awal Bluehost dan hasilnya mengecewakan. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang pengalaman ini di ulasan Bluehost kami yang mendalam. Ada yang jauh lebih baik – lebih murah, lebih cepat, dan lebih andal – host yang kami rekomendasikan, seperti Hostinger dan A2 Hosting.

Apakah DigitalOcean memiliki cPanel?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *