Blogger vs. WordPress – Pertandingan Dekat, tetapi Hanya Satu Pemenang [2021]

JASA SEO SURABAYA

Baik Blogger dan WordPress.com menawarkan cara cepat dan mudah untuk memulai blog, tetapi ada beberapa perbedaan utama antara kedua platform tersebut.

Blogger adalah alat manajemen konten yang dihosting oleh Google dan dibuat secara eksklusif untuk menerbitkan entri blog. Ini adalah layanan sederhana dan gratis yang memungkinkan Anda membuat blog dalam hitungan menit, tetapi Anda mendapatkan pilihan fitur yang terbatas.

WordPress, meskipun dirancang terutama untuk tujuan blog, adalah pembuat situs web berfitur lengkap yang memungkinkan Anda membuat semua jenis situs web pribadi dan bisnis, dari CV dan portofolio hingga toko online. WordPress memberdayakan sekitar sepertiga dari semua situs web di Internet dan dilengkapi dengan banyak alat untuk membantu Anda menjangkau dan mengembangkan audiens Anda.

Jika Anda sedang terburu-buru, saya sarankan Anda menjelajahi penawaran terbaru WordPress. Atau, Anda dapat membaca untuk mencari tahu mengapa menurut saya ini lebih baik daripada Blogger.

Tema

Blogger Memiliki Pilihan Desain yang Terbatas, sedangkan WordPress Menawarkan Ratusan Tema

Blogger memiliki 50+ tema yang dikelompokkan dalam nama yang berbeda, seperti Contempo, Soho, Ethereal, dan Emporio. Kedengarannya menarik, tetapi semua tema memiliki struktur yang mirip dan terlihat cukup mendasar.

Tema Blogger
Setiap grup tema menampilkan tata letak yang sama.

Anda dapat menyesuaikan keseluruhan skema warna, tata letak, dan font, dan Anda juga mendapatkan akses ke kode HTML. Blogger menggunakan Gadget (setara dengan widget WordPress) untuk membuat perubahan tata letak. Misalnya, Anda dapat menambahkan gadget untuk profil, arsip blog, atau fungsi pencarian blog Anda.

WordPress menawarkan lebih dari 250 tema yang dibagi menjadi 26 kategori. Meskipun kebanyakan dari mereka berorientasi pada blog, Anda juga dapat menemukan beberapa desain yang sesuai untuk situs web bisnis. Penyesuai tema WordPress bisa sedikit menantang untuk pemula, tetapi jika Anda bersedia meluangkan waktu dan tenaga, itu pasti sepadan.

Tema WordPress
Jika Anda menginginkan lebih banyak opsi, Anda dapat menelusuri penyedia pihak ketiga seperti Mojo atau ThemeForest.

Dengan paket gratis, Anda dapat mengubah latar belakang, warna, font, widget, menu, dan lainnya. Jika Anda meningkatkan ke paket Premium, Anda juga akan dapat mengakses file CSS, sedangkan langganan paket Bisnis akan memungkinkan Anda untuk mengunggah tema khusus, serta memberi Anda akses gratis ke tema premium.

Kemudahan Penggunaan / Fitur

Kedua Platform Memiliki Editor Konten yang Ramah Pengguna, tetapi WordPress Menawarkan Lebih Banyak Fitur

Editor konten Blogger adalah sederhana dan sangat mudah digunakan. Anda dapat menambahkan gambar dan video, mengaktifkan komentar pembaca, menambahkan lokasi, membuat label untuk posting Anda, dan banyak lagi. Anda juga dapat melihat posting Anda dalam mode HTML.

Editor konten Blogger
Anda dapat menjadwalkan posting untuk dipublikasikan pada tanggal tertentu.

Editor Gutenberg WordPress tidak begitu intuitif, tetapi memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam penyesuaian. Setiap elemen yang Anda tambahkan, apakah itu judul, paragraf, gambar, atau apa pun, diperlakukan sebagai file blok individu, jadi pada dasarnya Anda menambahkan blok untuk membuat konten.

Editor Gutenberg WordPress
Anda dapat menyesuaikan teks agar sesuai dengan bentuk judul, paragraf, kutipan, atau daftar.

Anda dapat mengatur ulang blok sesuka Anda dan menambahkan widget seperti kalender, arsip, dan formulir kontak. Anda juga dapat menyematkan video dan media sosial, seperti Instagram, Twitter, atau Reddit.

Alat SEO

Blogger memiliki serangkaian fitur SEO standar yang membantu Anda membuat blog Anda lebih terlihat di mesin telusur. Anda dapat mengubah judul, tautan permanen, dan teks alt, dan Anda juga memiliki opsi untuk membuat pengalihan untuk URL dan menyembunyikan setiap posting dan tautan dari mesin telusur.

WordPress memiliki file berbagai plugin SEO yang berbeda dalam harga dan fungsionalitas. Mungkin yang paling populer di antaranya adalah Yoast SEO, tetapi ada juga banyak opsi lain untuk dipilih, beberapa di antaranya termasuk SEO Press, Google Keyword Planner, dan SEMRush.

Aplikasi dan Plugin

Blogger Tidak Dapat Bersaing dengan Kumpulan Plugin WordPress yang Luas

Selain menambahkan gadget seperti AdSense (yang memungkinkan Anda menampilkan iklan di blog Anda), Posting Unggulan, Posting Populer, Arsip Blog, dan Laporkan Penyalahgunaan, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk memperluas fungsionalitas situs Anda dengan Blogger. Feedburner, aplikasi Blogger yang mengirimkan email otomatis ke pelanggan Anda, tidak akan tersedia lagi mulai Juli 2021.

Gadget Blogger
Anda dapat menemukan gadget di bagian Tata Letak.

Di samping itu, WordPress memiliki ribuan integrasi pihak ketiga gratis dan berbayar untuk fungsionalitas apa pun yang dapat Anda pikirkan, termasuk media sosial, pemasaran, dan e-niaga. Namun, Anda hanya dapat mengaksesnya jika Anda berlangganan paket Bisnis atau lebih tinggi (dengan pengecualian Google Analytics, yang dapat Anda akses dengan paket Premium).

Plugin WordPress
Anda dapat memilih dari SEO, pemasaran, dan plugin keamanan, dan banyak lagi.

Harga dan Paket

Blogger Gratis, Tetapi Memiliki Fitur Terbatas; WordPress Memiliki Versi Gratis dan Paket Berbayar Terjangkau

Blogger adalah platform blogging gratis yang hanya membutuhkan akun Google. Saat Anda mendaftar, Anda secara otomatis mendapatkan penyimpanan tak terbatas dan domain Blogger, meskipun Anda juga memiliki opsi untuk menambahkan domain ubahsuaian.

WordPress memiliki paket gratis dan empat paket berbayar: Pribadi, Premium, Bisnis, dan E-niaga. Paket gratis memberi Anda akses ke pilihan tema dan fitur terbatas, dan lebih cocok untuk proyek pribadi. Paket berbayar adalah pilihan yang lebih baik untuk situs web bisnis profesional.

Untuk melihat sekilas bagaimana kedua paket gratis ini saling melengkapi, lihat tabel di bawah ini:

Dukung

Blogger Tidak Memiliki Dukungan Langsung; WordPress Menawarkan Berbagai Saluran Dukungan

Blogger tidak memiliki saluran dukungan langsung, tetapi memiliki dokumentasi ekstensif dan komunitas pengguna yang selalu bersedia membantu. Berdasarkan apa yang saya lihat, pengguna biasanya mendapatkan tanggapan dalam beberapa jam.

Pusat bantuan Blogger
Anda akan menemukan artikel bantuan yang mencakup semua fase pembuatan blog.

Ketika datang ke WordPress, jika Anda menggunakan paket gratis, Anda mendapatkan akses ke dokumentasi dukungan dan forum komunitas saja. Meskipun demikian, ada banyak artikel dan tutorial video yang berguna untuk dikonsultasikan, dan komunitas WordPress (pengguna dan anggota staf) selalu siap menawarkan bantuannya. Biasanya, Anda akan mendapat tanggapan dalam waktu 24 jam.

Forum WordPress
Anda dapat menjelajahi topik atau menambahkan yang baru.

Pengguna paket Premium mendapatkan akses ke dukungan email, dan jika Anda berlangganan paket tingkat yang lebih tinggi, Anda juga dapat menggunakan dukungan pelanggan obrolan langsung 24/7.

Satu Pemenang Jelas: WordPress Mengambil Mahkota

Dalam perbandingan ini, WordPress memiliki keunggulan di setiap kategori. Meskipun ada sedikit kurva pembelajaran yang terlibat dalam hal mendesain situs Anda, WordPress memilikinya sejumlah fitur yang mengesankan (bahkan dengan paket gratis) untuk membantu Anda meningkatkan kehadiran online dan mengembangkan audiens Anda, baik Anda menggunakannya untuk tujuan pribadi atau bisnis.

Di sisi lain, Blogger adalah opsi gratis yang bagus jika Anda hanya perlu platform untuk mempublikasikan posting blog Anda dan tidak berencana menggunakan fungsionalitas pihak ketiga apa pun.

WordPress tidak hanya menang dalam perbandingan ini – tetapi juga berhasil masuk ke dalam daftar kami pembuat situs web terbaik pada tahun 2021.

Template

50+ tema

250+ tema

Kemudahan Penggunaan / Fitur

Editor WYSIWYG dengan fitur terbatas

Editor berbasis blok dengan fitur-fitur canggih

Aplikasi, Plugin, dan Add-on

Integrasi terbatas tersedia

Opsi plugin tidak terbatas, gratis dan berbayar

Harga dan Paket

Gratis

Paket gratis dan empat paket berbayar

Dukung

Dokumentasi dukungan dan forum komunitas

Mendukung dokumentasi dan forum dengan paket gratis; dukungan email dan obrolan langsung pada paket berbayar

FAQ

Mana yang lebih murah, Blogger atau WordPress?

Blogger benar-benar gratis – Anda hanya perlu akun Google untuk menggunakannya. Sedangkan WordPress memiliki paket gratis dan empat paket berbayar yang cukup terjangkau. Jika Anda sedang mempertimbangkan paket berbayar dari WordPress, Anda dapat melihat halaman kupon dan dapatkan diskon untuk langganan tahunan atau bulanan.

Mana yang lebih mudah digunakan, Blogger atau WordPress?

Blogger sangat mudah digunakan berkat editornya yang sederhana, sehingga tidak memerlukan pengetahuan teknis apa pun. WordPress bisa sedikit rumit untuk pemula, tetapi jika Anda tidak memerlukan penyesuaian tingkat lanjut, Anda akan segera menguasainya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menggunakan WordPress, baca ulasan ahli WordPress kami.

Bagaimana cara memutuskan pembuat situs web apa yang terbaik?

Itu semua tergantung pada apa tujuan Anda. WordPress adalah solusi hebat untuk situs web pribadi dan bisnis, sedangkan Blogger adalah yang terbaik bagi mereka yang ingin memulai blog dengan cepat. Jika Anda ingin meninjau opsi lainnya, lihat daftarpembuat situs web teratas pada tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *